Minggu, 11 Desember 2011

Metode penelitian survei


Dalam survei, informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Penelitian survei adalah penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok.
Penelitian survei dapat digunakan untuk maksud:
a.       Penjajagan (eksploratif)
b.      Deskriptif
c.       Penjelasan( eksplanatory)
d.      Evaluasi
e.       Prediksi atau meramalkan kejadian di masa yang akan datang
f.       Penelitian operasional
g.      Pengembangan indikator-indikator sosial

Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk pengukuran yang cermat terhadap fenomna sosial tertentu, misalnya perceraian, pengangguran, keadaan gizi, preferensi terhadap polotik tertentu dan lain-lain. Peneliti mengembangkan konsep dan menghimpun fakta, tetapi tidak melakukan pengujian hipotesa.
Apabila untuk data yang sama, peneliti menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa, maka penelitian tersebut tidak lagi dinamakan penelitian deskriptif melainkan penelitian pengujian hipotesa.

v  Penelitian eksperimen
Penelitian eksperimen sangat sesuai untuk pengujian hipotesa tertentu  dan dimaksudkan untuk mengetahui hubungan sebab akibat variabel penelitian. Dalam penelitian eksperimen yng tidak menggunakan kelompok kontrol hasil penelitian tersebut diragukan keabsahannya, karena beberapa variabel yang mengancam atau yang melemahkan validitas penelitian tidak dikontrol.

v  Grounded Research
Survai merupakan pendekatan kuantitatif, sedangkan titik berat grounded research adalah pada pendekatan kualitatif. Data terutama dikumpulkan melalui wawancara bebas. Penelitian tidak bertitik tolak dari data atau situasi sosial tersebut, tetapi dari konsep, hipotesa, dan teori yang sudah mapan, yang mungkin sekali tidak relevan untuk situasi sosial yang khas dari masyarakat yang diteliti.
Grounded reseacrh menyajikan suatu pendekatan yang baru. Data merupakan sumber teori, teori berdasarkan data, dan karena itu dinamakan grounded.

v  Kombinasi pendekatan kuantitatif dan kualitatif
Dalam upaya memperkaya data dan lebih memahami fenomena sosial yang diteliti, terdapat usaha untuk menambahkan informasi kualitatif pada data kuantitatif.

v  Analisa data sekunder

Mungkin sekali untuk kepentingan pekerjaan ilmiah tertentu, sudah tersedia data yang dapat digunakan. data tersebut mungkin hasil survei yang belum diperas dan analisa lanjutan dapat menghasilkan sesuatu yang amat berguna, juga dapat berupa studi perbandingan dari studi-studi yang telah dilakukan.
Pemanfaatan data yang tersedia, keuntungannya adalah bahwa peneliti tidak  terlibat lagi dalam mengusahakan dana untuk penelitian lapangan, merekrut dan melatih pewawancara menentukan sampel dan mengumpulkan data di lapangan yang banyak memakan waktu dan energi.

v  Proses penelitian
Langkah-langkah yang lazim ditempuh dalam pelaksanaan survai adalah sebagai berikut:
a.       Merumuskan masalah penelitian dan menentukan tujuan survai
b.      Menentukan konsep dan hipotesa serta menggali kepustakaan. Adakalanya hipotesa tidak diperlukan, misalnya pada penelitian operasional.
c.       Pengambilan sampel
d.      Pembuatan kuesioner
e.       Pekerjaan lapangan, termasuk memilih dan melatih pewawancara
f.       Pengolahan data
g.      Analisa dan pelaporan

3 komentar:

  1. Ini sumbernya dari mana ris?
    apa bikin sendiri?
    ada tulisan yang tertutup ni di bagian kiri.

    BalasHapus
  2. hit counter bs di ganti judulnya.
    itu mksudnya daftar kunjungan kan?

    BalasHapus
  3. artikelnya bermanfaat banget,,bisa dijadikan refererensi sebelum penelitian.

    BalasHapus